Jl. Lubuk Sikarah No.89, IX Korong, Lubuk Sikarah
(0755) 20747
disdukcapil@solokkota.go.id
https://www.facebook.com/dukcapilsolokkota

Disdukcapil Kota Solok Gelar Advokasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

Created with Sketch.

Disdukcapil Kota Solok Gelar Advokasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

Solok, (InfoPublikSolok)- Disdukcapil Kota Solok selenggarakan Forum Komunikasi Advokasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di ruang rapat Bappeda Kota Solok, Rabu (5/9).

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Pengadilan Negeri Solok, Pengadilan Agama Solok, Polres Kota Solok, Kantor Kemenag Kota Solok dan Kantor Imigrasi Kelas I Padang, dengan peserta Camat dan Lurah se Kota Solok dan para registrar dokumen kependudukan tingkat Dinas, Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Solok.

Rapat yang dibuka oleh Kepala Dinas Dukcapil Drs. Syaiful A ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan pengetahuan para petugas pelayanan penerbitan dokumen kependudukan yang ada dikelurahan, kecamatan dan Dinas Dukcapil. “Kami berharap agar data kependudukan maupun dokumen kependudukan yang menjadi persyaratan dalam pelayanan publik oleh instansi lain bisa dimanfaatkan dengan baik” tungkas Kadis saat membuka rapat.

Pada kesempatan pertama, Kasi Lantaskim Kantor Imigrasi Kelas I Padang Esau M. L. Fanggi, SE.MH yang bertindak sebagai salah satu narasumber menyampaikan beberapa materi tentang persyaratan penerbitan passport, perpanjangan passport, kehilangan passport, kerusakan passport dan pemalsuan passport. Dan dilanjutkan dengan paparan Hakim Pengadilan Negeri Kota Solok Afdil Azizi, SH.MKN yang mengulas seputar pencatatan tentang kematian, perubahan nama, pencatatan tentang peristiwa penting lainnya dan pencatatan tentang pembatalan akta pencatatan sipil.

Drs.H.Yusnedi Panetra Pengadilan Agama Kota Solok menyampaikan materi terkait isbath nikah, perkawinan, perceraian serta peran Pengadilan Agama jika ada masyarakat yang ingin menikah terkendala izin orang tua atau masalah lainnya.

Sedangkan narasumber dari Kemenag Kota Solok, Irwadi Uska, S.Ag.MA selaku Kepala KUA Kota Solok menuturkan materi tentang surat keterangan pembetulan nama pada surat nikah, acuan data perkawinan pada surat nikah, bukti seseorang telah masuk Islam dan merubah nama pada KK dan KTP serta cara mengetahui keaslian buku nikah.

Kanit IDIK I Sat Reskrim Polres Kota Solok Teguh Prilianto, SH.MH yang mengulas tentang tindak pidana pemalsuan, bentuk-bentuk pemalsuan serta sanksi terhadap tindak pemalsuan.

Dengan adanya forum ini beberapa kasus yang sering terjadi di Kota Solok dapat diselesaikan dan untuk kedepannya akurasi data dapat ditingkatkan dan diharapkan tidak ada lagi perbedaan persepsi mengenai pelayanan administrasi kependudukan (am).

sumber : kotasolok.info