Jl. Lubuk Sikarah No.89, IX Korong, Lubuk Sikarah
(0755) 20747
disdukcapil@solokkota.go.id
https://www.facebook.com/dukcapilsolokkota

Disdukcapil Luncurkan Website Untuk Mengakses Informasi Kependudukan

Created with Sketch.

Disdukcapil Luncurkan Website Untuk Mengakses Informasi Kependudukan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Dukcapil Kota Solok akhirnya meluncurkan aplikasi website yang difungsikan untuk memberikan informasi kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat yang secara resmi diserahkan oleh Dinas Kominfo Kota Solok pada Senin, (15/10) pagi.

Website yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo ini merupakan pelengkap informasi yang selama ini disebarluaskan melalui sarana/media dengan sosialisasi tatap-muka, booklet, pamflet, spanduk, banner ataupun pameran. Konten yang terdapat pada aplikasi ini meliputi jenis dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, prosedur dan persyaratan pengurusan dokumen, layanan pengaduan masyarakat terkait dokumen pengaduan, profil dinas Dukcapil, inovasi pelayanan, informasi atau berita terkini seputar kependudukan, laporan harian pelayanan yang berisi sisa blangko KTP serta data-data lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pekerjaan yang membutuhkan informasi kependudukan di Kota Solok.

“Website ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang akan melakukan pengurusan dokumen kependudukan, karena pada menu Jenis Layanan terdapat sub menu yang berisi persyaratan, prosedur dan berapa lama waktu pengurusan dokumen dafduk seperti KK, KIA, KTP-el, akta kelahiran dan akta kematian,” terang Kadis Dukcapil, Drs. Syaiful A ketika ditemui IPS di ruangan kerjanya.

Website Disdukcapil yang telah beroperasi selama kurang lebih 3 (tiga) bulan ini dapat dikunjungi oleh masyarakat dengan mengakses alamat www.disdukcapil.solokkota.go.id.

Dalam website ini juga tercantum beberapa informasi mengenai agenda kegiatan seperti kegiatan jemput bola pengurusan akta kelahiran, pelayanan keliling perekaman KTP-el dan agenda lainnya yang dianggap penting diketahui oleh masyarakat. Selain itu, pada running teks akan diinformasikan berapa sisa blangko KTP-el yang diupdate setiap harinya. Tersedia juga informasi mengenai struktur organisasi, visi misi, maklumat dan informasi lain.

“Tentunya, website ini belum sepenuhnya sempurna, karena seiring dengan berjalannya waktu, admin web beserta Kepala Seksi pada bidang terkait akan berusaha melengkapi data demi kesempurnaan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat,” tutur Kadis Dukcapil. (am)

 

Sumber : kotasolok.info