Disdukcapil Kota Solok Launching Identitas Kependudukan Digital

Solok, (Info Publik Solok) – Disdukcapil Kota solok melaunching identitas kependudukan digital pada acara rapat koordinasi di lingkungan Pemerintah Kota Solok pada hari ini, Rabu (27/07).

Rapat koordinasi yang diikuti oleh seluruh kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Solok ini dipimpin langsung oleh Walikota Solok, dan disaat bersamaan aparatur Disdukcapil Kota Solok melakukan asistensi intalasi aplikasi kepada kepala OPD dan aparatur lainnya yang ada disana.

Berdasarkan Permendagri nomor 72 tahun 2022, Identitas Kependudukan Digital merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan Data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Identitas kependudukan yang merupakan program Kementerian Dalam Negeri ini bertujuan untuk mempercepat pelayanan publik secara digital, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk, mengamankan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

Didalam identitas kependudukan digital ini terdapat beberapa dokumen pribadi hasil integrasi dengan NIK, seperti kartu keluarga, KTP-el, NPWP, sertifikat vaksin covid-19 dan lain-lain. Dan untuk mendapatkan data balikan seperti dokumen-dokumen tersebut, harus dilakukan intalasi terlebih dahulu melalui aplikasi playstore pada smartphone android.

Setelah melakukan instalasi ke smartphone para Kepala OPD, untuk selanjutnya, direncanakan akan melakukan instalasi aplikasi ke OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Solok.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil, Ratnawati, SH.MM menyampaikan, ” Saat ini kami sudah memulai mengimplementasikan instalasi identitas kependudukan digital pada Dinas Perumahan dan Pemukiman, begitu pula dengan OPD lain yang sudah kami jadwalkan mulai besok, dan setelah itu kami akan berpindah target pada masyarakat yang sedang melakukan perekaman KTP pemula, sehingga ketika dia melakukan perekaman KTP-el, mereka langsung mendapatkan KTP-el dan KTP Digital,” papar Kadis.

Untuk bisa membuat dan mengakses Identitas kependudukan Digital, diperlukan sejumlah langkah verifikasi untuk menjamin keamanan data di dalamnya, seperti verifikasi NIK, verifikasi dengan PIN, dengan foto wajah, email serta tingkat keamanan yang dibuat berlapis.

Untuk kedepannya Disdukcapil Kota Solok akan melakukan percepatan instalasi identitas kependudukan digital ini dengan sasaran masyarakat Kota Solok terutama masyarakat yang datang ke kantor Dinas Dukcapil. (am)

Sumber : Info Publik Solok