Disdukcapil Kota Solok Luncurkan Inovasi One For Eleven

Solok – (Info Publik Solok) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok meluncurkan inovasi One for Eleven. Inovasi ini adalah suatu layanan yang menghasilkan sebelas dokumen kependudukan. Peluncuran inovasi ini berbarengan dengan peresmian kantor bersama Satpol PP dan Dinas Disdukcapil yang berada di Jl. Jendral Sudirman no.1 Kota Solok.

Inovasi One for Eleven ini merupakan layanan terintegrasi antara Dinas Dukcapil dengan Kementrian Agama Kota Solok dalam hal penyerahan sebelas macam dokumen kepada warga Kota Solok yang telah melangsungkan pernikahan pada hari itu. Dokumen-dokumen tersebut adalah 5 dokumen dari KUA setempat yaitu; 2 buah buku nikah, 2 sertifikat screening, 1 kartu nikah, kemudian 6 dokumen dari Disdukcapil yaitu; 3 buah kartu keluarga, 2 buah KTP, 1 buah sertifikat layanan terintegrasi. Hal ini dapat dilaksanakan berkat adanya kerjasama antara Dinas Dukcapil dan Kemenag Kota Solok yang didukung oleh kecepatan operator dalam mengolah data calon pasangan suami istri.

Inovasi yang diresmikan oleh Wakil Walikota Solok, DR. Ramadhani Kirana Putra, SE.MM ini ditandai dengan penabuhan gong dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Disdukcapil dan Kepala Kementrian Agama Kota Solok.

“Inovasi One for Eleven ini sudah kami rencanakan semenjak akhir tahun 2021 kemaren, dan Alhamdulillah akhirnya bisa diluncurkan pada hari ini, tujuannya adalah agar masyarakat Kota Solok tidak perlu repot-repot datang ke kantor Dukcapil karena operator kami akan segera mengurus dokumen-dokumen mereka dengan status yang baru” terang Kadisdukcapil Ratnawati, SH.MM, Selasa (1/03/2022).

Peluncuran inovasi One for Eleven ini juga dibarengi dengan peresmian kantor bersama Satpol PP dan Disdukcapil kota Solok. Semoga dengan pindahnya kantor Dukcapil dan Satpol PP ke lokasi yang baru ini, akan memudahkan akses masyarakat menuju kantor Dukcapil.

Harapan dari kedua OPD ini adalah agar dengan adanya kantor baru ini, akses pelayanan kepada masyarakat akan lebih dekat, serta masyarakat yang datangpun akan merasa lebih nyaman untuk mengurus dokumen kependudukannya. (Am)

Sumber : Info Publik Solok