LADO VIP Disdukcapil Raih Penghargaan Inovasi Terbaik Kota Solok

Solok (Info Publik Solok) – Disdukcapil Kota Solok berhasil meraih penghargaan sebagai Perangkat Daerah Terinovatif, menyusul BPBD dan Dinas Perumahan dan Permukiman diperingkat dua dan tiga. Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Walikota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE.MM yang diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Dukcapil Ratnawati, SH.MM dalam acara apel gabungan Senin, (02/01) di halaman Balaikota Solok.

Pemberian penghargaan ini didasarkan pada usulan inovasi dari OPD yang telah diverifikasi oleh Balitbang Kota Solok dan dientry oleh OPD ke dalam aplikasi web Indeks Inovasi Daerah Kemendagri, dalam rangka kompetisi Innovative Government Awards (IGA) tahun 2021.

Materi tersebut kemudian diinput ke dalam sistem untuk dikompetisikan dan dituangkan dalam bentuk proposal inovasi beserta bukti dukungnya. Sedangkan inovasi yang diusulkan oleh Disdukcapil ada 2 inovasi yaitu inovasi LADO VIP (layanan antar dokumen via Pos) dan inovasi Langkok (lahir pulang oke), dan akhirnya yang dikirim ke tingkat nasional adalah inovasi LADO VIP sebagai inovasi thematic saat pandemi covid-19 kemaren.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Solok juga menyerahkan piagam peghargaan kepada Kepala Balitbang Kota Solok atas penobatan Kota Solok sebagai Kota Terinovatif peringkat ke-3 tingkat Provinsi Sumatera Barat dari 19 Kabupaten/Kota yang ikut dalam kompetisi IGA tahun 2022.

“Kami sebagai pelayan masyarakat merasa wajib memberikan pelayanan Adminduk terbaik yang memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan adminduk, oleh karena itu kami perlu menciptakan berbagai inovasi dalam mewujudkan hal tersebut sehingga pencapaian kepemilikan dokumen kependudukan semakin meningkat”, sampai Ratnawati kepada reporter IPS usai menerima piagam.

“Disamping itu kami juga berusaha memberikan pelayanan terbaik yang membahagiakan masyarakat, terutama saat terjadinya pandemi covid-19 dimana masyarakat memang benar-benar butuh akan layanan Dukcapil namun akses keluar rumah sangat dibatasi, hal inilah yang mendorong terciptanya inovasi ini”, tambahnya.

Dengan banyaknya lahir berbagai macam inovasi layanan, diharapkan agar layanan Disdukcapil akan semakin mudah diakses masyarakat, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen adminduk serta tingkat kepemilikan dokumen adminduk semakin meningkat. (am)

Sumber : Info Publik Solok